Senin, 19 Desember 2016

6 Oleh Oleh Khas Malang

Kuliner Malang Enak, Kuliner Malang Murah, Kuliner Di Kota Malang, Wisata Kuliner Kota Malang, Kuliner Malang Kota
#1 Pia Brawijaya, Batu
Jujur saya agak lupa dengan namanya, cuma kalau enggak salah namanya Pia Sriwijaya. Seperti namanya, ini memang kue pia yang mungkin juga ada di banyak tempat. Tapi sepertinya karena ini adalah hasil produksi dari salah satu toko oleh-oleh besar di Batu dengan nama yang sama, maka jadilah pia ini diberi nama Pia Sriwjaya.
Pia Brawijaya ini dikemas dengan kemasan kotak coklat yang cukup menarik. Pilihan rasanya juga cukup beragam. Seingat saya ada rasa kacang hijau, apel, keju dan durian. Kalau sedang tidak terlalu ramai, kamu bisa cobain dulu rasanya dengan mencicipi pia yang sudah dipotong-potong dan disimpan di toples tester. Saya waktu itu mencicipi 4 potong tester. Istri habis 2 dan si kecil satu potong. Karena rasanya bisa dibilang enak, maka ini adalah oleh-oleh pertama yang kami beli. Untuk harga, berkisar antara 35 ribu sampai 50 ribu.
#2 Aneka Keripik
Di pusat oleh-oleh Batu, mungkin keripik adalah salah satu jenis oleh-oleh yang paling banyak dijual serta paling beragam jenisnya. Ada keripik buah, keripik tempe, keripik sayuran sampai keripik ceker atau usus. Tinggal pilih saja sesuai selera atau ukuran.
Istri waktu itu memilih untuk membeli keripik tempe. Alasannya sederhana, murah, enak dan hampir semua orang suka. Kalau keripik buah, di Lampung juga lumayan banyak. Dan untuk beberapa jenis buah, ada yang orang tidak suka karena asam atau alasan lainnya.
#3 Cokelat Apel Khas Batu Malang
Batu atau Malang jelas terkenal sebagai kota Apel. Jadi kalau kamu enggak keberatan bawa barang banyak, oleh-oleh apel malang jelas bagus. Tapi karena saya malas bawa barang banyak, saya cari versi olahannya saja.
Salah satunya ya cokelat apel ini. Sebenernya enggak sengaja juga ketemunya pas lagi lihat macam-macam oleh-oleh yang dipajang. Tiba-tiba melihat cokelat apel yang dikemas dengan menarik. Akhirnya saya membeli beberapa buah untuk dimakan sendiri atau juga dibagikan ke keluarga. Dan rasanya cukup enak juga kok!
Kuliner Malang, Kuliner Malang Batu, Malang Kuliner, Kuliner Kota Malang, Wisata Kuliner Malang Kuliner Malam Malang Kota, Kuliner Malang Instagram,Kuliner Malang Batu, Kulin
Add caption
#4 Bakso President
Turun dari kota Batu, jelas lebih afdol kalau mampir sejenak ke kota Malang. Kali ini istri mau mencicipi bakso malang yang sudah sering masuk televisi. Namanya Bakso President. Sebenarnya waktu itu saya mau ajak ke Bakso Damas saja, toh suda tahu tempatnya dan sekalian jalan pulang. Tapi karena jarang-jarang bisa liburan bareng, okelah saya cari lokasi Bakso President dengan mengandalkan GPS hape.
Lokasi Bakso President ternyata enggak jauh dari jalan utama. Hanya saja letaknya cukup bikin terkesan, pas di sebelah rel kereta api. Malah ketika lagi asik makan, ada kereta lewat lengkap dengan klaksonnya. Si kecil sampai terbangun dari tidur karena kaget.
Anyway, saya enggak mau bahas lengkap atau review kuliner Bakso President ini. Tapi kebetulan saat pesan bakso, istri melihat berbagai olahan bakso yang dijadikan oleh-oleh. Yang saya ingat sih keripik bakso atau bakso goreng (basreng?). Rasanya ada yang original, atau pedas. Dan istri membeli 2 bungkus dengan rasa yang berbeda. Selain itu, katanya sih tersedia juga frozen bakso gitu buat yang mau bawa pulang. Tapi untuk yang satu ini, enggak dulu deh.
Kuliner Malang, Kuliner Malang Batu, Malang Kuliner, Kuliner Kota Malang, Wisata Kuliner Malang Kuliner Malam Malang Kota, Kuliner Malang Instagram,Kuliner Malang Batu, Kulin
#5 Malang Strudel
Nah, ini juga salah satu oleh-oleh yang lagi hype banget di Kota Malang. Waktu baru dateng aja, ada billboard gede banget yang majang foto Shireen Sungkar lagi promosi makanan yang satu ini. Di tengah kota Malang, ada lagi suaminya yang juga ikut promosi ni makanan. Karena penasaran, lagi-lagi istri bertekad untuk mencari alamat outlet Malang Strudel ini saat pulang ke Surabaya.
Dari situsnya, alamat outlet Malang Strudel ada di Jalan Ardimulyo No 14 Singosari, Malang. Gampangnya sih, ada di jalan raya saat baru keluar dari kota Malang akan menuju ke Surabaya. Sekitar 1 KM setelah pasar Singosari. Gampang kok carinya, karena sepanjang jalan ada petunjuk jarak untuk sampai ke outlet mereka. Ternyata outletnya cukup besar dari luar, tapi agak sempit di bagian dalam. Dan di outlet ini saya baru tahu, kalau ini adalah milih Teuku Wisnu. Oalah…..pantesin…
Pilihan rasa yang ada di Malang Strudel ini antara lain keju, jagung manis dan apel. Agak lupa juga. Tapi perlu diperhatikan banget, PENTING, makanan ini punya masa kadaluarsa yang sangat pendek. Sekitar 3 hari saja. Dan saya baru tahu setelah sampai di Bandar Lampung. Praktis dari 3 Malang Strudel yang saya beli, hanya satu yang berkondisi segar. Sementara 1 tidak bisa diselamatkan karena sudah jamuran, dan satu lagi sedang diambang batas. Nah tips banget ini kalau enggak mau langsung dimakan atau dibawa pulang hari itu juga, pilih yang masa produksi hari itu juga. Jadi masa kadaluarsanya bisa lebih panjang!
#6 Repoeblik Telo
Dari namanya saja kita sudah tahu kalau ini adalah pusat oleh-oleh dengan bahan baku telo atau ubi. Lupa alamat lengkapnya, hanya letaknya juga di jalan raya Malang-Surabaya. Tepat setelah keluar kota malang dan melewati jalan layangnya itu. Outlet telo-teloan ini ada di kiri dan kanan jalan. Saya enggak tahu perbedaannya, tapi kata pelayannya sih produknya sama-sama saja. Hanya jajanan saja yang berbeda.
Di Repoeblik Telo ini kita bisa mencicipi atau membeli oleh-oleh aneka makanan olahan telo. Contohnya es krim telo, bakpao telo, stik telo, keripik telo, brownies telo, telo bar dan beberapa lagi macamnya. Untuk harga juga relatif terjangkau kok. Kalau soal rasa, enggak bisa banyak komentar. Kebetulan hanya mencicipi es krim, bakpao, telo bar dan stik telo.

2 komentar:

  1. Artikelnya (y) banget broo, monggo mampir kalo berkenan, langsung aja klik namanya yaa atau copy link gameterbaikterbaru.blogspot.co.id

    BalasHapus