Senin, 12 Desember 2016

5 Kuliner Khas Malang Yang Wajib Dicicipi

Kuliner Malang Enak, Kuliner Malang Murah, Kuliner Di Kota Malang, Wisata Kuliner Kota Malang, Kuliner Malang Kota
Siapa yang tidak mengenal rawon? Kuliner khas Jawa Timur ini sudah terkenal kemana-mana sehingga di luar Malang pun, Anda bisa mencicipi Rawon. Tetapi biar lebih afdol, cicipilah rawon dari asal daerahnya. Rawon yang enak di Malang , Anda bisa langsung meluncur ke Depot Rawon Nguling. Tepatnya di Jalan Zainal Arifin,  tidak terlalu sulit mencarinya karena cukup terkenal.
Sumber gambar: heytheresia.comSumber gambar: heytheresia.com

Di Depot Rawon rawon Nguling, daging rawonnya empuk, tidak terlalu mengandung lemak, dan kuahnya tidak terlalu pekat sekali. Sehingga citra rasa kluwak, yang merupakan bumbu utamanya terasa pas di lidah. Sebab, rawon yang kebanyakan kluwaknya akan terasa getir. Rawon lezat disantap dengan toge kecil segar, nasi dan sambal.
Bakso Malang
Bakso Malang sama seperti rawon, populer sampai hampir di seluruh daerah ada. Bahkan mungkin lebih populer dari rawon, tetapi mencoba langsung di daerah asalnya lebih spesial. Namanya saja Bakso Malang, sudah pasti di Kota Malang bakso memiliki citra rasa yang berbeda. Anda bisa mencari Baso Malang Presiden yang sudah terkenal dari tahun 1977, hampir 40 tahun! Sangking terkenalnya di Malang sampai memiliki beberapa cabang.
Bakso Malang Presiden terkenal karena menggunakan daging sapi berkualitas tanpa campuran. Isi Bakso Malang Presiden diantaranya bakso goreng, siomay goreng, bakso udang, jeroan paru, bakso besar, dan lain-lain, Anda bisa memilih sesuai selera. Salah satu cabang Bakso ini berada di Jalan  Baranghari.
Cwie Mie
Nah, kuliner ini juga terkenal sampai luar Malang, bahkan sudah ada yang versi restorannya. Mungkin sebagian orang baru tahu kalau cwie mie ternyata makanan khas di Kota Malang. Sepintas cwie mie terlihat mirip mie pangsit, tetapi secara citra rasa berbeda. Makanan khas Kota Malang ini memiliki rasa asin, dan jika mie ayam ditaburi daging ayam yang dipotong kecil-kecil, cwie mie ditabur daging ayam mirip abon.
Cwie mie disajikan dengan mangkuk dari kerupuk pangsit, ditambah kuah gurih dan daun salada. Jika Anda tertarik untuk mencobanya dan membuktikan, sejauh apa perbedaan citra rasa cwie mie dan mi pangsit. Bisa datang ke warung cwie mie yang terkenal enak di Kota Malang, yaitu di Jl. Raya Mojorejo.
Orem-Orem
Kuliner ini sedikit asing ya, namanya. Tidak terkenal di luar Kota Malang, tapi biasanya semakin asing, semakin membuat wisatawan penggemar kuliner penasaran dan memburunya. Sepintas melihat kuah orem-orem mirip opor loh, tetapi secara keseluruhan berbeda sekali. Orem-orem kuliner khas Malang ini berupa ketupat, daging ayam, tempe goreng, mendol, dan diguyur kuah yang mirip opor. Citra rasa Orem-Orem pedas.
Angsle
Sumber gambar: caramembuatkueresepenak.blogspot.co.idSumber gambar: caramembuatkueresepenak.blogspot.co.id

Tidak lengkap kalau membahas kuliner hanya makanan saja, maka minuman akan menjadi pelengkap. Di Malang ada satu jenis kuliner yang menyerupai sekoteng, namanya angsle. Memang isinya sebagian mirip sekoteng juga, ada kacang hijau yang direbus, roti tawar dipotong dadu, kacang tanah. Perbedaannya, angsle ditambah putu mayang, ketan putih yang dikukus, tape singkong dan kuah santan. Rasanya tentu saja lebih legit.
Angsle banyak digemari di Malang karena suhu udara di kota ini jika malam cukup dingin. Angsle mantap dinikmati panas-panas, sehingga bisa menghangatkan badan. Tidak ada penjual angsle khusus yang paling lezat, kuliner ini banyak dijajakan keliling dan mangkal di pinggir-pinggir jalan.


Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar